Nii waktu dulu sempet ngebikinin temen gua laporan ya ampuuun susah nya minta ampun deh. jadi sekarang gua share biar nanti adek adek kelas gua yang udah beres PKL gampang bikin laporannya ;)
LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
PADA HOTEL PRAMESTHI CIBOGO – MEGA MENDUNG
Diajukan guna Memenuhi Salah Satu Syarat
Dalam Menempuh UAS/UN
Tahun Ajaran 2011/2012
Disusun Oleh :
1.
Dini Oktaviani NIS .
2.
Revi Anggraeni NIS . 9948198348
3.
Reva Anggraena
NIS . 9948198347
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN (SMK)
PELITA
CIAMPEA YAYASAN NURUL WALIDAIN TH
Alamat : Jl. Raya warung Borong Ciampea
Kec : Ciampea Kab. Bogor
Telp : 0251-8627289
LEMBAR PENGESAHAN DARI PERUSAHAAN
HOTEL PRAMESTHI CIBOGO
JLN.Raya Puncak km.72 Cibogo Bogor
Laporan praktek kerja industri ini telah disyahkan/disetujui
pada :
Hari/tanggal :
Tempat :
Tempat : Hotel
Pramesthi Cibogo
Disahkan oleh :
Pembimbing
I Pembimbing II
Nuryadin
Badru
Mengetahui :
Pimpinan Hotel Pramesthi Cibogo
Agus Sutarman
General
Manager
LEMBAR PENGESAHAN DARI SEKOLAH
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK PELITA CIAMPEA BOGOR
Jln. Raya Warung Borong Ciampea Telp/Fax (0251) 8627289 Bogor 16620
Laporan praktek Kerja industri (prakerin) ini telah
disyahkan/diseujui pada :
Hari/Tanggal
:
Tempat :
Tempat : SMK
PELITA CIAMPEA BOGOR
Mengetahui,
KA.Program AKP Pembimbing
Dedi Mulyana A. Md. Par Hastri Hasmita S.Pd
Kep.Sekolah
SMK PELITA Koordinator Prakerin
Siti Saadah S. Pd Melati Eka Muharani S. Pd.
KATA PENGANTAR
Dengan
memanjatkan puji syukur kepada tuhan yang maha esa karna atas izin dan
karunianya kami dapat menyeleaikan praktek kerja ndustri (prakerin) yang
dilaksanakan pada 13 juni 2011 sampai
dengan 1 november 2011 di hotel
Pramesthi Cibogo-Megamendung.
Praktek
kerja industi (prakerin) ini merupakan program sekolah yang wajib dilaksanakan
oleh setiap siswa/siswi dalam rangka pembinaan keterampilan pada Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) PELITA CIAMPEA Akomodasi Perhotelan (AKP) agar terjadi
link dan match antara dunia pendidikan dan dunia industri.
Kami
menyadari praktek kerja industr (Prakerin) ini masih banyak kekrangan namun
dengan demikian segala kekurangan
menjadi daya juang yang tinggi sehingga dapat melaksanakan tugas dengan
sebagaimana mestinya.
Laporan
hasil praktek kerja industri (Prakerin) ini tidak mungkin terwujud tanpa adanya
bantuan dari pihak lain baik secara langsung maupun tidak langsung oleh karena
itu penyusun mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak yang telah membantu
terselesaikannya laporan hasil praktek kerja industri (prakerin) Terutama kepda
:
1. Bapak Drs. H . A Hanapi. M. Pd.
I selaku ketua yayasan Nurul walidain T.H Sekolah menengah kejuruan SMK PELITA
Ciampea
2.
Ibu Siti Saadah S. Pd. Selaku kepala sekolah SMK Pelita 2 yang
mengizinkan kami melaksanakan prakerin
3.
Ibu Melati Eka muharani S.Pd. Selaku
coordinator Prakerin SMK pelita
4. Bapak Dedi mulyana A.Md Par. Ketua
program prakerin SMK pelita
5. Ibu Hastri hasmita S.Pd Selaku Pembimbing
6. Bapak Agus Sutarman selaku
pimpinan perusahaan pramesthi
7. Bapak Nuryadin Selaku pembimbing
prakerin di hotel Pramesthi 1
8. Bapak
Badru Selaku pembimbing prakerin di
hotel pramesthi 2
9. Seluruh staff karyawan/karyawati
Hotel Pramesthi yang telah banyak memberikan bantuan dan bimbingannya
10 Bapak Agus tomi M pd dan ibu
Dewi Rita S.Pd selaku Wali kelas XI AKP 1 & XI AKP 2
11. . Kedua orang tua yam banyk
memberika perhatian baik moral maupun material
12 teman teman yang memberikan
dukungan dan semangat dalam menysun laporan ini
Penyusun
menyadari bahw adalam laporan hasil
praktek kerja industri (prakerin) ini masih banyak terdapat
kekurangan-kekurangan harapan penyusun semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi
diri sendiri pada khususnya bagi pembaca pada umumnya.
Akhir kata
kami mohon maaf jika terjadi kesalahan dalam penulisan nama atau gelar dan
semoga laporan ini dapat mendampingi kami meraih prestasi .
Amin ya
Allah ya Robbal Alamin
Bogor, 2011
penulis
DAFTAR ISI
Lembar Pengesahan Dari Perusahaan .......................................................................................i
Lembar Pengesahan Dari Sekolah
............................................................................................ii
Kata Pengantar
........................................................................................................................iii
Daftar Isi
...................................................................................................................................v
BAB I PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Prakerin
...........................................................................................
1
1.2. Dasar Hukum
Pelaksnaan Prakerin
.......................................................................... 1
1.3. Maksud dan
Tujuan Pelaksanaan Prakerin
.............................................................. 2
1.4. Nilai Tambahan
Pelaksanaan Prakerin
..................................................................... 3
1.5. Waktu
pelaksanaan prakerin ....................................................................................
4
1.6. Metode
Pelaksanaan Prakerin
..................................................................................
5
1.7. Sistematika
Penulisan ...............................................................................................
5
BAB II TINJAUAN UMUM
2.1. Sejarah Singkat Hotel Pramesthi Cibogo
......................................................... 8
2.2. sarana dan Fasilitas Hotel pramesthi
............................................................... 9
2.3. Penertian Hotel
................................................................................................
9
2.4. Struktur
Organisasi Food & Beverage Deartment..........................................
10
2.5. Pegertian Food & Beverage Department
...................................................... 13
2.6. Tujuan Foof & Beverage Department
............................................................ 13
2.7. Fungsi
Food & Beverage Department
............................................................ 2.8. Pembagian Food & Beverage Department
.................................................... 13
2.9.
Menu ............................................................................................................
14
BAB III ISI
PEMBAHASAN
3.1. Organisasi dan pelayanan kerja house
keeping Dpartment dan restaurant
(F&B) department Hotel
Pramesthi Cibogo ................................................. 15
3.2. Tugas house keeping Department Secara umum
.......................................... 16
3.3 Uraian tentangperalata kerja house
keeping ................................................ 17
3.4 Sikap dan prilaku room boy/maid .................................................................
18
3.5. Organisasi dan pelaksanaan kerja
restaurant Departme ............................... 19
3.6. Kegiatan dibidang Room service
.................................................................... 24
3.7. Kegiatan Di bidang banquete
........................................................................ 24
3.8. Kendala-Kendala Hotel
..................................................................................
25
3.9. Usaha Penylesaiannya ...................................................................................
25
3.10. Kendala-Kendala Penyusun
........................................................................... 25
BAB IV PENUTUP
4.1. Kesimpulan ....................................................................................................
26
4.2. Saran-saran
....................................................................................................
27
DAFTAR
PUSTAKA
BIODATA
PENYUSUN
LAMPIRAN
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang Prakerin
Tujuan
pendidikan nasional sebagai mana tercantum dalam GBHN adalah bahwa pendidikan
nasional berdasarkan pancasila dan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan,
keterampilan, budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal rasa dan
semangat kebangsaan agar dapat menimbulkan pribadi pribadi yang dapat membangun
diri sendiri dan mempnyai tanggung jawab terhadap pembangunan bangsa
Sebagai
salah satu lembaga pendidikan SMK PELITA Ciampea mengacu pada dasar dan tujuan pancasila
tersebut. Oleh karna itu dalam rangka Meningkatkan Dan menyiapkan para
lulusannya SMK PELITA mewujudkan setia siswa/siswi untuk mengikuti prektek
kerja industri (prakerin) di perushaan perusahaan atau instansi baik pemerintah
ataupun swasta.
1.2 Dalam Hukum Pelaksanaan Praktek Kerja Industri
(PRAKERIN)
Pelaksanaan
praktek kerja industri (PRAKERIN) untuk menjadi salah satu bentuk
penyelenggaraan pendidikan menenganh kejurusan (SMK) sesuai dengan ketentuan
undang-undang No.2/1989 tentang system peratran pemerintah No. 29 tahun 1990
tentang peranan masyarakat dalam pendidikan nasional dan keputuan MENDIKBUD No.
080 U/1993 tentang kurikulum SMK sebagai berikut :
1. Penyelenggaraan
pendidikan dilaksanakan dengan dua jalur yaitu jalur pendidikan sekolah dan
jalur pendidikan luar sekolah
2. Penyelengaraan
sekolah menengah dapat bekerja sama denga masyarakat terutama dunia usaha dan
dermawan untuk memperoleh sumber daya dalam menunjang penyelanggaraan dan
pembangunan pendidikan (PP No. 10 Bab 11 ayat 1)
3
Pengadaan dan pendayagunaan sumberdaya pendidikan
dilakukan oleh pemerintah, masyarakat dan keluarga peserta didik.
4
Masyarakat sebagi mitra pemerintah berkesempatan yang
seluas-luasnya untuk berperan serta dalam menyelanggarakan pendidikan nasional.
5
Peran serta dalam masyarakat dapat terbentuk pemberian
kesempatan untuk praktek kerja industri (RAKERIN) atau latihan kerja
6
Pemerintah dan masyarakat menciptakan peluang untuk
meningkatkan peran serta masyarakat dalam system pendidikan nasional.
7
Pada sekolah menengah kejuruan dalam melakukan uji
coba gagasan baru yang dilakukan dalam rangka pembangunan endidikan menengah.
8
Sekolah menengah kejuruan dapat memilih pola
penyelenggraan pengajaran sebagai berikut :
a. Menggunakan
unit produksi sekolah yang beroperasi sebagai wahana pelatih kejujuran
b. Melaksanakan
sebagai klompok mata peajaran keahlian kejuruan sekolah dan sebagai lainnya di
dunia usaha industri.
c. Melaksanakan
kelompok mata pelajaran keahlian sepenuhnya dimata masyarakat di dunia indutry.
KepMenDikBud No.080 U/1993 Bab IV Butir C. 1-Kurikulum 1994 SMK
1.3. Maksud dan tujuan pelaksanaan Prakerin
1.3.1 Maksud Pelaksanaan Pakerin
Prakerin
merupakan praktek kerja industri/instansi yang diwajibkan kepada seluruh
siswa/siswi sekolah, baik yang suasta maupun yang negri. Pada umumnya
pelaksanaan prakerin dilakukan oleh siswa/siswi kelas dua maupun tiga
tergantung dari keijakan masing masing sekolah.
Di SMK
PELITA Ciampea sendiri pelaksanaan prakerin dilaksanakan oleh siswa kelas dua
yang menjadi salah satu persyaratan kelulusan
dalam produktifnya. Prakerin dilaksanakan selama tiga bulan atau lebih.
1.3.2 Tujuan Pelaksanaan Prakerin
Penyelengaraan
dari pelaksanaan prakerin masing-masing sekolah mempunyai tujuan sendiri
sendiri adapun tujuan diadakannya prakerin bagi siswa/siswi di SMK PELITA diantaranya :
a. Meningkatkan,
pemperluas dan memantapkan keterampilan yang berbentuk kemampuan system untuk
memasuki lapangan ata duna kerja sesuai dengan program keahlian masing-masing.
b. Menimbulkan
sikap profesional pada siswa/siswi untuk memasuki dunia kerja.
c. Memberi
kesempatan pada siswa/siswi untuk
memasyarakatkan diri pada iklim kerja yang sebenarnya.
d. Memasukan
dan timbale balik guna memperbaiki dan mengmbangkan sesuai dengan pendidikan
kejuruan .
e. Meningkatkan
penglaman sesuai dengan aspek-aspek yang ada dalam usaha potensial dengan
lapangan kerja.
f.
Memberi kesempatan kepada siswa/siswi untuk secara
langsung mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
g. Menumbuhkan
semangat untuk melakukan tugas atau pekerjaan yang baik
1.4. Nilai Timbahan Pelaksanaan Prakerin
Kerjasama
antar sekolah menengah kejuruan SMK PELITA Ciampea dengan dunia industry
khusunya dengan Hotel Pramesthi dilaksanakan dengan prinsip saling membantu,
mengisi saling melengkapi dan berbagi ilmu untuk kepentingan bersama,
berdasarkan prinsip ini pelaksanaan akan memberikan nilai tambahan bagi pihak
yang bekerja sama khususnya untuk anak didik yang mlaksanaan prakerin,
diantaranya manfaat yang dapat diambil yatu :
1.4.1 Nilai Tambahan Bagi
Peusahaan
Penyelenggaraan
prakerin memberikan nilai lebih bagi pihak perusahaan yaitu :
a. Perusahaan
dapat mengenali kualitas peserta didik yang sedang belajar atau bekerja
sehingga apabila kalitas bagus dapat di rekrut menjadi tenaga kerja apa bila
peserta didik telah menyelesaikan sekolahnya.
b. Pada
umumnya peserta didik telah ikut dalam proses secara aktif sehingga pada
pengertian selama masa pendidikan adalah tenaga kerja yang memberikan nilai
lebih.
c. Selma
proses pendidikan mellui industry peserta didik lebih mudah diatur dalam
disiplin dan patuh terhadap peraturan perusahaan.
d. Memberi
keputusan bagi dunia usaha karena diakui telah ikut serta membentuk hari depan
bangsa melalui prakerin
1.4.2 Nilai Tambah Bag Peserta Didik
a. Hasil
belajar peserta didik lebih bermakna, karena setelah tamat akan betul- betul memiliki keahlian profesional sebagai
bekal untuk meningkatkan taraf hidup dan bekal untuk pengembangan diri secara
berkelanjutan.
b. Keahlian
profesional yang di ambil dari prakerin ini dapat meningkatkan harga diri dan
rasa percaya diri yang selanjutnya akan mendorong mereka untuk meningkatkan
keahliannya pada tingkat yang lebih tinggi.
c. Dapat
menambahkan wawasan dan pola fikir setelah berinteraksi dengan lingkungan
kerja.
1.5. Waktu pelaksanaan prakerin
Pelaksanaan prakerin dilakukan selama empat
bulan terhitung mulai tanggal 13 juni 2011 sampai dengan tanggal 1 november 2011
pelaksanaannya sendiri bertempat di Hotel Pramesthi Cibogo.
1.6. Metode Pelaksanaan Prakerin
Adapun Metode prakerin yang dilaksanakan
adalah :
1. Pada
dasarnya prakerin yang dilaksanakan oleh sekolah menengah kejuruan adalah
program bersama antara pihak sekolah dn pihak perusahaan, sehingga segala
seuatu yang menyangkut penyelenggaraan prakerin telah di sepakati bersama.
2. Komponen
pendidikan umum (normatif) adalah komponen pendidikan dasar menunjang (adatif)
dilaksanakan sepenuhnya di SMK menjadi tanggung jawab SMK
3. Komponen
dasar pendidikan profesi dapat dilaksanakan di sekolah menengah kejuruan
industry perusahaan atau pada kedua tempat tersebut dan menjadi tanggung jawab
bersama antara SMK dengan industry/ perusahaan yang bersangkutan.
4. Komponen
pendidikan keahlian profesi di laksanakan di industry/ perusahaan dan
sepenuhnya menjadi tanggung jawab SMK dan peusahaan.
1.7. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan ini dimaksud agar
dapat memberikan gambaran secara ringkas mengenai materi secara keseluruhan. Dalam
penulisan ini penyusun menguraikan bagian bagian yang akan dibahas kedalam
empat bab sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Dalam Bab ini penyusun mengemukakan
pendahuluan laporan yang mencakup :
1.1 Latar Belakang Prakerin
1.2. Dasar Hukum Pelaksnaan Prakerin
1.3. Maksud dan Tujuan Pelaksanaan Prakerin
1.3.1. Maksud Pelaksanaan Prakerin
1.3.2. Tujua Pelaksanaan Prakerin
1.4. Nilai Tambahan Pelaksanaan Prakerin
1.4.1. Nilai Tambah Bagi Pihak Perusahaan
1.4.2. Nilai Tambah Bagi Siswa
1.5. Waktu
pelaksanaan prakerin
1.6. Metode
Pelaksanaan Prakerin
1.7. Sistematika Penulisan
BAB II TINJAUAN UMUM
Dalam
Bab ini penyusun mengemukakan tentang :
2.1. Sejarah Singkat Hotel Pramesthi Cibogo
2.2. sarana dan Fasilitas Hotel pramesthi
2.3. Penertian Hotel
2.4. Struktur Organisasi Food & Beverage
Department
2.5. Pegertian Food & Beverage Department
2.6. Tujuan Foof & Beverage Department
2.7. Fungsi Food & Beverage Department
2.8. Pembagian Food & Beverage Department
2.9.
Menu
BAB III ISI
PEMBAHASAN
Dalam Bab ini kami
menjelaskan tentang pembahasan yang kami lakukan selama dalam pelaksanaan
praktek kerja industry yang diantaranya:
3.1. Organisasi dan pelayanan kerja house
keeping Dpartment dan restaurant
(F&B) department Hotel
Pramesthi Cibogo
3.2. Tugas house keeping Department Secara umum
3.3 Uraian tentangperalata kerja house
keeping
3.4 Sikap dan prilaku room boy/maid
3.5. Organisasi dan pelaksanaan kerja
restaurant Departme
3.6. Kegiatan dibidang Room service
3.7. Kegiatan Di bidang banquete
3.8. Kendala-Kendala Hotel
3.9. Usaha Penylesaiannya
3.10. Kendala-Kendala Penyusun
BAB IV
PENUTUP
Bab ni menjelaskan tentang :
4.1. Kesimpulan
4.2. Saran-saran
BAB II
TINJAUAN UMUM TENTANG HOTEL
PRAMESTHI CIBOGO
2.1 Sejarah Hotel pramesthi Cibogo
Sebelum
peralihan kepemilikan hotel yang sekarang bernama Hotel Pramesthi Cibogo
sejarah hotel dimulai tahun 1984, sebelumnya hotel ini bernama pondok lembah
nua yang terdiri dari beberapa kamar saja lalu berkembang dengan menambah
beberapa fasilitas kamar yang meliputi Bungalow, 2 buah bangunan yang terdiri
dari 6 kamar dan 8 kamar, ruang meeting teratai.
Karena
semakin padatnya tingkat hunian hotel kawasan puncak maka pembangunan pun dilanjutkan kembali dengan menambah fasilitas
kamar, ruang pertemuan ( meeting room) dewaruci, kolam renang dan lain lain.
Nama pondok
lembah nusa kemudian berganti nama menjadi hotel lembah nusa sampai dengan
tahun 1999 kemudian pihak hotel Lembah Nusa melakukan kerja sama dibidang usaha
perhotelan dengan pihak hotel salak bogor . kemudian nama Hotel Lembah Nusa
berubah manjadi Hotel Salak Lembah nusa sampai dengan tahun 2001, kemudian karena
sesuatu hal pihak Lembah nusa melepaskan kerja sama dengan pihak Hotel Salak
Bogor dan kembali memakai nama Hotel lembah nusa.
Hotel
Lembah nusa memiliki 37 kamar, 3 ruang meeting, kolam renang, dan jumlah
karyawan 60 orang. Karena faktor keuangan yang sulit pada waktu itu pihak
pimpinnan Hotel lembah nusa pada tanggal 1 juni 2002 menjual kepemilikan hotel
kepada pihak PRAMESTHI GROUP . semenjak
itu maka nama hotel lembah nusa berganti nama menjadi Hotel PRAMESTHI sampai
sekarang .
Banya
perkembangan dan perubahan yang diberikan oleh pihak Pramesthi hotel dengan
menambah fasilitas-fasilitas yang kurang seperti jumlah kamar yang dahulu 37
kamar ditambah menjadi 64 kamar (superior room, delux room, executive room, dan
junior suit room), ruang meeting yang dahulunya hanya 3 buah untuk kapasitas 20
orang sekarang bertambah menjadi 5 buah (lotus 1 2 3, cafe 1t 2 dan dewaruci)
dengan kapasitas 150 orang ampai dengan 200 orang, tempat parkir yang luas,
sarana olah raga, restarant, kolam renang, life music, karoke, travel, out
bond, jumlah karyawan hotel sampai dengan saatini bejumlah 50 orang. dan sampai
saat ini Hotel Pramesthi ada di beberapa tempat, antara lain : Pramesthi solo,
Pramesthi Tegal, Pramesthi carita dan Cibogo Bogor sampai saat ini juga masih terus
menambah beberapa fasilitas kamar, ruangan, dll.
2.2 sarana dan Fasilitas Hotel Pramesthi.
a. Ruang Rapat
/ pertemuan (meeting room)
b. Restaurant
c. Caffe
(karore, Life music)
d. Kolam
renang (swiming pool)
e. Sarana
Olahraga sport argo
f.
Arena
perkemhan (camping groun. Out bond )
g. Arena
bermain (play groun)
h. Pusat
penjualan cendra mata (drug store & souvenin shop)
i.
Binatu laundry
2.3 Pengertian Hotel
Hotel
merupakan salah satu tempat peristirahatan dengan menyediakan makanan, dan
fasilitas kamar tidur, baik yang sedang melaksanakan bisnis maupun rekreasi.
Pengertian
hotel berdasarkan keputusan menpasportel : No.37/PW/304/MPPT/1086 ; Hotel
adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian bngunannya atau
seluruh bangunannya untuk menawarkan jas penginapan , makanan dam minuman,
serta jasa lainnya
Motel
adalah tempat penginapan yang biasanya dirancang untuk para pelanggan yang
melakukan perjalanan jauh melalui darat. tempat motel biasanya berada di tengah
tengah diantara 2 kota.
Hostel
adalah penginapan dengan fasilitas kamar untuk 4 orang atau lebih di khususkan
untuk para pelajar.
Kota wisat
adalah usaha perorangan dengan menggunakan sebagian dari rumah untuk penginapan
dengan pembayaran secarra harian.
2.4
F&B DIRECTOR
|
Struktur Organisasi F&B
Department
Chef de cuisine
|
Asst. F&B Manager
|
Sous Chef
|
Restauran
&bar manager
|
Banquete Manager
|
Chief steward
|
Dish/pot washer
|
Waiter/waitrees
|
Seward
superfisor
|
Head Waiter
|
Captain Waiter
|
Head writer
|
Room
Service order taker
|
Waiter/waitrees
|
Captain Writer
|
Cook
|
Bakery
|
Ass chef de pertie
|
Jika
dilihat dari struktur organisasi diatas bawah bagian ini,dipimp in oleh
foot&Beverage Director yang bantu oleh Chef DE Cuisine Dan Assistant fOOd
& Beverage Manager dan jajaranyah untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan oleh hotel.berikut ini adalah urayan tugas dan tanggung jawab setiap
posisi dibanding makan dan minum .
1. F&B Director
Urayan tugas dan tanggungjawaban:
·
Menetapkan menu, sistem penyajian ,strategi penjualan
,mengarahkan pelaksanan serta menilai kebersihan
·
Melakukan analisis tentang pesaing
·
Menyusun anggaran FB Production Kitchen,F&B
service dan Stewarding
·
Merumuskan Kebijaksanaan pengendalian biaya
operasional
·
Menangani permasalahan yang memerlukan penangan
langsung
·
Menciptakan hubungan yang hermonis dengan kolega dan
pelnggan
·
Menyelenggarakan briefing di dalam departemen
·
Mengusulakan kepada atasan ,tentang penyesuaian
prosedur dan kebijakan di lingkungan FOOD & Beverage depertment
jika di perlukan
2. Assistant f&b Manager
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
·
Melakukan koordinasi pelaksanaan kegiatan antar
kitchen,F&b servis dan stewarding
·
Menyusun rencana kerja dan menilai pelaksanaan
·
Mengawasi jadwal oprasional bawahanyah
·
Memonitori hasil inventerin fisik dibagian kitchen,
F&B service dan stewarding
·
Memonitor pelaksanaan store room requestion
·
Melakukan penilaian penampilan kerja bawahan
·
Melaksanakan kelancaran oprasional berbgai kegitan
yang ada kegiatan dengan F&B department
·
Mengkoordinasikan kegiatan dan mengawasi kelancaran
serta event/function
·
Menangani permasalahan yang dperlukan penanganan
langsung dan melaporkan kepada atasan
·
Menjalin hubungan dangan rekan dan tamu
·
Menciptakan hubungan yang harmonis dengan kolega dan
pelanggan
·
Memberi arahan dan petunjuk kepada bawahan
3. Restaurant
& Bar Manager
Uraian
tugas dan tanggung jawabnya :
·
Mengkoordinasi kegiatan operasi di outlet F&B
service
·
Mengkoordinasi persiapan dan mengawasi kelancaran
penyelenggaraan function/event
·
Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris fisik
·
Menjalin dan membina hubungan dengan tamu
·
Membantu untuk embuat laporan monthly report F&B
sales
·
Melakukan penilaian penampilan kerja bawahan
·
Menangani permasalahan yang memerlukan penanganan
langsung dan melaporkan ke pada atasan
·
Menangani dan memnitori suatu perubahan dan
penyimpangan dalam kegiatan oprasional
·
Memonitori dan mengawasi personal hygiene, grooming
and sanitasi
·
Menangani dan mengawasi langsung tamu VIP
·
Mencitakan dan membina suasana keja yang sehat
·
Menyelengarakan briefing harian
4. Head waiter
Uraian
tugas dan tanggung jawabnya :
·
Mengwasi penyimpangan penggunaan par stock
·
Memeriksa kelengkapan dan ketepatan diri “mise en
place”
·
Meneliti ketepatan dialy sales report
·
Mengarahkan dan mengawasi kelancaran pelayanan di
restaurant
·
Menangani keluhan tamu
·
Mengatur pembagian station
·
Memeriksa personal hygiene, grooming dan sanitasi
·
Mendampingi sous chef dalam penataan buffet
·
Menangan langsung pelayanan tamu VIP ( very important
person)
·
Mengkoordinir dan mengawasi pelaksanaan clear up
·
Membantu melancarkan pelaksanaan inventaris fisik
·
Memeriksa kelengkapan ketepatan “store room
requestion”
·
Menjalin hubungan baik dengan tamu
·
Membuat jadwal kerja bawahan
·
Mengawasi disiplin bawahan
·
Menangani permasalahan tamu
·
Melakukan penilaian kerja bawahan
·
Melakukan penlaian kerja bawahan
·
Meciptakan dan membina suasana kerja yang sehat
5. Assistant
(Head Writer Captain)
Uraian tugas dan tnggung jawabnya :
·
Membantu head waiter melaksanakan tugasnya
·
Melengapi kelengkapan dan ketepatan dari mie place
·
Membuat dialy sales report
·
Melengkapi penyimpnan dan penggunaan par stock
·
Mengawasi dan membantu kelancaran dan ketepatan
pelaksanaan pelayanan penjualan danpenyajian makanan dan minuman
·
Membuat repair dan maintance order
·
Menangani langsung pelayanan tamu VIP
·
Mengatasi keluhan tamu
·
Mengawasi dan mengarahkan kelancaran pelayanan bawahan
·
Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris fisik
·
Menjalin hubungan dengan tamu
·
Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat
6. Waiter/waitress
Uraian tugas dan tanggung jawabnya :
·
Mempersiapkan kelengkapan tehnis pelayanan
·
Melaksanakan persiapan set up mise in place
·
Melakukan pelayanan langsung terhadap tamu
·
Mengambil pesanan order tamu dari captain untuk
diteruskan kepada kitchen
·
Melaksanakan penyajian hidangan kepada tamu
·
Melaksanakan clear up meja tamu
·
Mempersiapkan dan mengambil kebuthan linen, napkin,
wares, supplies
·
Mngumpulkan dan mengantarkan soiled linen dirty dishes
ke laundry/stewarding
·
Melakukan penyuapan table set up dan clear up
·
Melaksanakan dan mengikuti perintanh captain dalam
menjalankan tugas-tugasnya
·
Melakkan pembersihan area kerja
·
Menjalin hubungan dengan tamu
·
Menghadiri briefing harian
7. Chief
Bartender
Uraian tugas dan tanggungjawabnya
·
Mengawasi penyimpanan penggunanan bar stock
·
Meengkapi kelengkapan ketepatan mise in place
·
Membuat dialy sales report
·
Mengawasi kelengkapan ketepatan pelaksanaan mixing
drinks, penyajian penjualan dan pelayanan
·
Menyusun standart portion standart receive, standart
beverage cost bersama dengan F&B cost control
·
Mengarahkan mengawasi kelancaran pelayanan
·
Mengatasi kluhan tamu
·
emengatur pembagian station serta mengawasi
pelaksanaannyaa
·
memeriksa
personal hygiene, grooming, sanitasi
·
Menangani langsung pelayanan tamu VIP
·
Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris visik
·
Memeriksa kelengkapan ketepatan pengadaan store room
requestion
·
Membuat repair dan maintance order
·
Mengawasi disiplin bawahan
·
Menangani permasalahan tamu
·
Melakukan penialaian kerja bawahan
·
Menciptakan membina suasana kerja yang sehat
8. Room
service oder taker
Uraian tugas dan tanggungjawabnya :
·
Menangani penerimaan pencatatan room service order dan
menyampaikan kepada room service captain
·
Menyarankan dan membantu tam dalam pemilihan menu
·
Menghubungi tamu dalam melaksanakan clear up
·
Menerima kaluhan tamu dan melaporkan kepada head
waiter
·
Memelihara suasana kerja yang sejat
·
Menghadiri briefing harian
2.5 Pengertian F&B Deparement
F&B Departemen adalah suau depertemen
keberadaannya merupakan salah satu sumber pendapatan bagi hotel yang
bersangkutan dan bertanggung jawab atas pelayanan makanan dan minuman
F&B
dtepartemen dibagi menjadi 2 Yaitu :
a. F&B PRODUCT
F&B
Product adalah suatu otlet yang bertugas dalam bertanggung jawab atas
pengelolaan makanan
b. F&B
SERVICE
F&B
srevice adalah salah satu oylet yang menyajikan makanan dan minuman pada tamu
yang dbuat oleh F&B product.
2.6 Tujuan Food & Beverage Departement
a. Menjual
makanan dan minuman sebanyak-banyaknya dengan harga yang sesuai.
b. Memberikan
pelayanan sebaik mungkin pada tamu sehingga tamu merasa puas hal ini menyangkut
mutu pelayanan. Mutu makanan dam minuman, sikaf karyawan, dekorasi ruangan dan
peralatan yang dipakai harus melaliu syarat sanitasi.
2.7 Fungsi F&B Departement
Fungsi
F&B depertement adalah sebagai sarana yang harus ada di hotel yang
keberadaannya sebagai salah satu sumber pendapatan bagi hotel yang
bersangkutan.
2.8 Pembagian F&B Departemen.
Pembagian
Pembagian F&B departmen secara oprasional :
a. Front
Office
Restaurant,
Bar Banquet, Room service Prtugas dibagian ini berhubungan langsung dengan tamu
b. Back
service
Kitchen,
stewarding, service bar, employed, dinning room, store room, petugas bagian ini
tidak berhubungan langsung dengan tamu, tetapi harus melalui perantara
waitres/waitress.
2.9 Menu
a.
Pengertian menu
yang dimaksud menu adalah daftar
makanan yang dapat dipesan dan disajikan oleh restaurant dengan mencantumkan
harganya.
b.Fungsi menu
merupakan alat
yang efektif dalam usaha peningkatan volume penjualan makanan dan minuman pada
restaurant.
c.
Menu skeleton
Yang dimaksud menu skeleton adalah
pengelompokan jenis makanan yang berbeda disajikan secara beruntun.
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Organisasi Pelaksanaan Kerja restaurant Departement
Persediaan pelayanan makanan dan minuman merupakan hal yang
penting bag sebuah hotel disamping sarana menginap, makanan dan minuman
merupakan salah satu bagian besar hotel.
Sedngkan fungsinya adalah
mengenal furhasing, recelving, storing, sserving.
3.1.1 Ruang Lingkup Restaurant F&B Departement
1. Furcasing
atau bagisn pembelian yang bertugas untuk menangani mengadakan barangbarang
yang ada di hotel.
2. Recevling
atau bagian penerimaan barang adalah yang bertanggung jawab atas penerimaan
barang barang yang masuk harus diperiksa
dengan teliti.
3. storing
atau bagian penyimpanan setelah barang barang yang dipesan selesai diperiksa
maka harus segera dimasukan kedalam gudang, bagian gudang ini harus mampu
mengajukan embelian secara umum gudang gudang dapat di klasifikasikan menjadi
dua jenis yaitu :
a. gudang
umum adalah untuk menyimpan barang hotel yang di minta/ dipesan oleh masing
masng bagian secara perode.
b. gudang
untuk kebutuhan sehari hari adalah gudang yang khusus untuk makanan dan minuman
yang dibuthkan untuk keperluan sehari hari.
4. producing
adalah bertugas mengolah makanan atau bagian dapur yang mempunyai tugas
menyiapkan dan mengolah makanan.
5. restaurant
adalah salah sau outlet dari bagian makanan dan minuman kepada tamu tamu hotel.
3.1.2
Fungsi dan masing masng bagian makanan dan minuman
a. recevling
area adalah tempat dimana seluruh barang barang kebutuhan dibeli oleh hotel
diperiksa, diteliti jumlahnya serta kualitasnya, dari barang barang tersebut
tugas recevling area antara lain :
1. memeriksa, meneliti dan enerima barang barang
kebutuhannya.
2. selalu menjaga kualitas dari barang barang tersebut
3. mengirim barang barang tersebut jke gudang.
b. production
area adalah tempat dimana makanan dan minuman disiapkan dan diolah, proction
area ini terdir dari pengolahan makanan (kitchen).
c. Restaurant
adalah salah satu outlet makanan dan minuman merupakan tempat dimana tamu tamu
dapat memesan dan menikmati makanan yang dipesannya.
3.1.3 Cara
penyajian Restaurant
Didalam suatu restauran
terdapat berbagai macam caara penyajian diantaranya sebagai berikut :
a. Sarapan pag
/ breakfast
1. Plates
2. Fork
3. Spoon
4. Teacup/tea
spoon
5. Water
goblet
6. Saucer
b. Makan siang
/ launch
1. Plate
2. Dinner
knife
3. Fork
4. Soup spoon
5. Water
goblet
6. Dessert
fork soup bowl
7. Astray
c. Makan
malam/ dinner
1. Plate
2. Dinner
knife
3. Fork
4. Soup spoon
5. Water
goblet
6. Dessert
fork soup bowl
7. Astray
8. Sugar bowl.
3.1.4 sikap Dan perilaku
Sikap
dan perilaku di tetapkan di restaurant dalam departement F&B untuk usaha
lebih lebih menngkatkan mutu dan kwalitas pastilah memerlukan orang orang
profesional juga orang orang yang memiliki perilaku dan sifat yang baik.
3.1.5 Peralatan makan
1 Linen
yang dipakai untuk menutup meja biasanya disebut “table linen” yang dipasang
diatas permukaan meja sebelum diberi taplak kegunaannya untuk :
1. menyerap
cairan
2. menambah
kerapihan dan akan terlihat lebih indah permukaan meja.
3. untuk
menahan taplak meja supaya tidak lcin
4. meredam
buny pada saat meletakan benda benda diatasnya.
2 china
wares, peralatan yang dibuat dari porselin biasanya dindingnya tipis dan halus
tetapi mempunyai ketahanan yang tinggi terhadap panas . contoh china wares :
a. B&B
Plate disebut juga dengan piring perempat yang digunakan untuk menyajikan roti.
b. Dessert
plate yaitu swear plate adalah piring tanggung yag dipergunakan untuk
menyajikan bermacam macam makanan hidangan penutup hidangan pembuka dan kadang
kadang juga dipergunakan sebagai under linen atau alas sewaktu menghidangkan
makanan pembuka.
c. Dinner
plate disebut juga joint plate yaitu piring besar yang disajikan untuk macam
macam hidangan pembuka.
d. Soup bowl
disebut juga piring mangkuk yang dipergunakan untuk menyajikan sup
e. Bullonon
cup di sebut juga mangkuk mirip cangkir di pergunakan untuk menyajikan sup sup
encer (clear sup)
f.
Tea cup disebut juga cangkir teh dan juga tatakannya.
g. Water
goblet disebut gelas yang sedang yang di pergunakan untk air putih atau jus.
3. Silver
wares.
a. Tea spoon
atau sendok teh untk makan hidangan pembukan seperti alpokado, dream calpicat
yang d bender sampai halus.
b. Dessert
knife adalah pisau dan garpu garpu tanggung pada umumnya untuk bermaca macam
hidangan pembuka maupun penutup.
3.1.6
tugas dan tanggung jawab Restaurant ( F&B)
1. F&B Director
Urayan tugas dan tanggungjawaban:
·
Menetapkan menu, sistem penyajian ,strategi penjualan
,mengarahkan pelaksanan serta menilai kebersihan
·
Melakukan analisis tentang pesaing
·
Menyusun anggaran FB Production Kitchen,F&B
service dan Stewarding
·
Merumuskan Kebijaksanaan pengendalian biaya
operasional
·
Menangani permasalahan yang memerlukan penangan
langsung
·
Menciptakan hubungan yang hermonis dengan kolega dan
pelnggan
·
Menyelenggarakan briefing di dalam departemen
·
Mengusulakan kepada atasan ,tentang penyesuaian
prosedur dan kebijakan di lingkungan FOOD & Beverage depertment
jika di perlukan
2. Assistant f&b Manager
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
·
Melakukan koordinasi pelaksanaan kegiatan antar
kitchen,F&b servis dan stewarding
·
Menyusun rencana kerja dan menilai pelaksanaan
·
Mengawasi jadwal oprasional bawahanyah
·
Memonitori hasil inventerin fisik dibagian kitchen,
F&B service dan stewarding
·
Memonitor pelaksanaan store room requestion
·
Melakukan penilaian penampilan kerja bawahan
·
Melaksanakan kelancaran oprasional berbgai kegitan
yang ada kegiatan dengan F&B department
·
Mengkoordinasikan kegiatan dan mengawasi kelancaran
serta event/function
·
Menangani permasalahan yang dperlukan penanganan
langsung dan melaporkan kepada atasan
·
Menjalin hubungan dangan rekan dan tamu
·
Menciptakan hubungan yang harmonis dengan kolega dan
pelanggan
·
Memberi arahan dan petunjuk kepada bawahan
3. Restaurant
& Bar Manager
Uraian tugas dan tanggung jawabnya :
·
Mengkoordinasi kegiatan operasi di outlet F&B
service
·
Mengkoordinasi persiapan dan mengawasi kelancaran
penyelenggaraan function/event
·
Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris fisik
·
Menjalin dan membina hubungan dengan tamu
·
Membantu untuk embuat laporan monthly report F&B
sales
·
Melakukan penilaian penampilan kerja bawahan
·
Menangani permasalahan yang memerlukan penanganan
langsung dan melaporkan ke pada atasan
·
Menangani dan memnitori suatu perubahan dan
penyimpangan dalam kegiatan oprasional
·
Memonitori dan mengawasi personal hygiene, grooming
and sanitasi
·
Menangani dan mengawasi langsung tamu VIP
·
Mencitakan dan membina suasana keja yang sehat
·
Menyelengarakan briefing harian
4. Head waiter
Uraian
tugas dan tanggung jawabnya :
·
Mengwasi penyimpangan penggunaan par stock
·
Memeriksa kelengkapan dan ketepatan diri “mise en
place”
·
Meneliti ketepatan dialy sales report
·
Mengarahkan dan mengawasi kelancaran pelayanan di
restaurant
·
Menangani keluhan tamu
·
Mengatur pembagian station
·
Memeriksa personal hygiene, grooming dan sanitasi
·
Mendampingi sous chef dalam penataan buffet
·
Menangan langsung pelayanan tamu VIP ( very important
person)
·
Mengkoordinir dan mengawasi pelaksanaan clear up
·
Membantu melancarkan pelaksanaan inventaris fisik
·
Memeriksa kelengkapan ketepatan “store room
requestion”
·
Menjalin hubungan baik dengan tamu
·
Membuat jadwal kerja bawahan
·
Mengawasi disiplin bawahan
·
Menangani permasalahan tamu
·
Melakukan penilaian kerja bawahan
·
Melakukan penlaian kerja bawahan
·
Meciptakan dan membina suasana kerja yang sehat
5. ssistant
(Head Writer Captain)
Uraian tugas dan tnggung jawabnya :
·
Membantu head waiter melaksanakan tugasnya
·
Melengapi kelengkapan dan ketepatan dari mie place
·
Membuat dialy sales report
·
Melengkapi penyimpnan dan penggunaan par stock
·
Mengawasi dan membantu kelancaran dan ketepatan
pelaksanaan pelayanan penjualan danpenyajian makanan dan minuman
·
Membuat repair dan maintance order
·
Menangani langsung pelayanan tamu VIP
·
Mengatasi keluhan tamu
·
Mengawasi dan mengarahkan kelancaran pelayanan bawahan
·
Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris fisik
·
Menjalin hubungan dengan tamu
·
Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat
6. Waiter/waitress
Uraian tugas dan tanggung jawabnya :
·
Mempersiapkan kelengkapan tehnis pelayanan
·
Melaksanakan persiapan set up mise in place
·
Melakukan pelayanan langsung terhadap tamu
·
Mengambil pesanan order tamu dari captain untuk
diteruskan kepada kitchen
·
Melaksanakan penyajian hidangan kepada tamu
·
Melaksanakan clear up meja tamu
·
Mempersiapkan dan mengambil kebuthan linen, napkin,
wares, supplies
·
Mngumpulkan dan mengantarkan soiled linen dirty dishes
ke laundry/stewarding
·
Melakukan penyuapan table set up dan clear up
·
Melaksanakan dan mengikuti perintanh captain dalam
menjalankan tugas-tugasnya
·
Melakkan pembersihan area kerja
·
Menjalin hubungan dengan tamu
·
Menghadiri briefing harian
7. Chief
Bartender
Uraian tugas dan tanggungjawabnya
·
Mengawasi penyimpanan penggunanan bar stock
·
Meengkapi kelengkapan ketepatan mise in place
·
Membuat dialy sales report
·
Mengawasi kelengkapan ketepatan pelaksanaan mixing
drinks, penyajian penjualan dan pelayanan
·
Menyusun standart portion standart receive, standart
beverage cost bersama dengan F&B cost control
·
Mengarahkan mengawasi kelancaran pelayanan
·
Mengatasi kluhan tamu
·
emengatur pembagian station serta mengawasi
pelaksanaannyaa
·
memeriksa
personal hygiene, grooming, sanitasi
·
Menangani langsung pelayanan tamu VIP
·
Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris visik
·
Memeriksa kelengkapan ketepatan pengadaan store room
requestion
·
Membuat repair dan maintance order
·
Mengawasi disiplin bawahan
·
Menangani permasalahan tamu
·
Melakukan penialaian kerja bawahan
·
Menciptakan membina suasana kerja yang sehat
8. Room
service oder taker
Uraian tugas dan tanggungjawabnya :
·
Menangani penerimaan pencatatan room service order dan
menyampaikan kepada room service captain
·
Menyarankan dan membantu tam dalam pemilihan menu
·
Menghubungi tamu dalam melaksanakan clear up
·
Menerima kaluhan tamu dan melaporkan kepada head
waiter
·
Memelihara suasana kerja yang sejat
·
Menghadiri briefing harian
3.2 Kegatan di bagian Room service
dalam room
service terdapat yang berhubungan dalam hal service up, room service berada
dalam suatu restautant dimana tugas tugas tersebut dikerjakan oleh karyawan dan
di pimpin oleh seseorang yang ada didalam hotel.
Adapun ekerjaan itu adalah yang
membersihkan ruang restaurant membersihkan meja makan dan mengerjaka semua
pekerjaan yang ada di dalamnya selain pekarjaan diatas terdapat pula tugas
tugas yang harus dilakukan oleh seorang room service yaitu menyediakan
breakfast launch dinner untuk para tamu dan seorang room servce pun harus dapat
menata rapi ruang resturant.
3.2
Kegiata di
banquete
Banquete adalah suatu untuk melaksanakan rapat
para tamu undangan dan tempat untuk melaksanakan musyawarah dalam bangquete
terdapat pekerjaan dalam menata ruang sidang.
Seorang
bangquete mempunyai tugas seperti room service, menate ruang sidang, menyiapkan
konsumsi makanan untuk para tamu yang akan melaksanakan rapat seorang bangquete
juga harus membuat suasana ruang sidang agar terlihat indah dan nyaman untuk
para tamu bangquete juga merupakan salah satu fasilitas yang ada didalam hotel
dimana fasilitas tersebut dapat dipaka untuk acara apapun.
3.3 Kendala Kendala Hotel
1. Dilihat
dari segi peralatan dan dari alat alat lainnya juga linen upplies yang
merupakan penunjang di dalam pelaksanaan elaksanaan operasiinal dan harus lebuk
di perlihatkan kebersihan linen supplier sehingga tidak terjadi komplen dari
tamu karena kurangnya fasilitas hotel tersebut.
2. Kurangnya
rasa tanggung jawab yang dimiliki oleh petugas hotel khususnya dibagian house
keeping dan bagian restaurant didlam melaksanakan tugasnya sehari hari.
3. Dilihat
dari segi pegawai khususnya dari bagian departement house keeping dan
restaurant di hotel pramethi cibogo-megamendung adalah pengurangan tenaga kerja
yang merupakan faktor dominan bagi terlaksananya tugas dan tanggung jawab yang
diberikan oleh pihat\k hotel.
3.4 Usaha penyelesaian
1. Menata
kembali suatu kekurangan peraatan dan alat alat lainnya segera dilengkapi
supaya mempermudah dalam beroperasi.
2. Dengan
adanya perhatian dari atasan yaitu segala tugas dan tanggung jawab yang telah
dilakukan leh petugas dan tanggung jawab yang telah dilalaikan oleh petugas
(room boy dan waiter ) tersebut selalu diperhatikan oleh atasannya.
3.5 Kendaa penyusun
1. Dalam
pelaksanaan praktek kerja industri atau pelaksanaan lapangan kerja di hotel
ternyata bebeda antara teori yang di berikan disekola dengan praktek yang
dilaksanakan terlebih dahulu disekolah.
2. Kurang
terlati dengan penerapan banhasa inggris dan computer yang merupakan bahasa
internasional yang diupayakan oleh turis turis dari luar negri yang sedang
menginap di hotel pramesthi yang bertanya kepada pagawai tentang pelaksanaan
kerja sehari hari.
3. Kurangnya
pelajaran dan perkenalan tentang pelajaran dan pengetag=huan pelayanan serta
semua peralatan yang dipakai untuk melayan tam di hotel pramesthi cibogo.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Setelah melaksanakan praktek kerja
industri (PRAKERIN) selama kurang lebih 4 (empat) bulan lamanya, maka penuis
dapat mengetahui keberadaan hotel Pramesthi dan sekaligus dapat memahami tata
cara kerja operasionalnya, terutama di F&B departement mengenai tata cara
seorang waiter / waitress.
Dari berbagai data penyusun
kemukakan pada akhir ini penyusun dapan menarik kesimpulan ini semata mata
berdasarkan data data yang penuls dapatnkan dengan tidak menambah kan atau
mengurangi data yang sebenarnya, adapun
kesimpulan kesimpulannya sebagai berikut :
a. Hotel
pramesthi adalah salah satu hotel yang berada di derah cibogo arah jalur puncak
hotel pramesthi dengan menyediakan fasilitas fasilitas seperti : kamar kamar,
restaurant, swimming pool, serta yang lainnya.
b. Hotel
pramesthi adalah salah satu akomodasi yang menyediakan kamar kamar penginapan,
makanan dan minuman, serta jasa lainnya yang disediakan khusus bagi tamu yang
datang ke hotel pramesthi baik tamu asing, tam yang mengadakan party, meeting
ataupun seminar.
c. Dalam
operasinya hotel pramesthi dibantu oleh beberapa departement yang masing –
masing departement mempunyai tugas dan tanggung jawab sesuai dengan bidang yang
di embannya.
Lebih jauh seluk beluk perusahaan
srta dapat melaksanakan dengan baik.
b. Saran saran untk sekolah.
1. Sebelum
dilaksanakannya hari PRAKERIN hendaknya sekolah emohon kepada perusahaan
tersebut sekiranya dapat menampung para siswa dalam waktu tertentu sehingga
siswa tidak perlu repot repot mencari tempat prakerin.
2. Pihak
sekolah hendaknya membersihkan pembelajaran kedisiplinan agar lebih
ditingkatkan dari semula.
3. Pihak
sekolah hendaknya memberikan pengarahan yang baiik dan lebih jelas serta
terbuka kepada peserta pelaksanaan praktek kerja indutri ini.
4. Pemberian
pelajaran kapada siswa siswi lebih ditingkat kan lagi agar ebih naik, dan juga
agar mempunyai bekal agar lebih siap melakukan prakerin.
Demikian
kesimpulan laporan praktek kerja industri semoga dapat berguna bagi para
pembaca dan kami mohon maaf dalam kekeliruan dalam penulisan dan penempatan
bahas yng mungkin terjadi pada saat pelaksanaan dan menjelang praktek kerja
industri ini akhir kata ucapka Wasalamu alaikum
warohmatullahi Wabarokatuh ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar